Mengenal Lebih Dekat Ayam Batik Hias

Ayam batik merupakan salah satu jenis ayam hias yang mempunyai bulu bercorak unik. Ayam hias ini mempunyai 2 jenis warna bulu yang bercorak kain batik yaitu ayam batik itali dan juga ayam batik kanada. Kedua ayam hias tersebut mempunyai corak dan warna yang berbeda. Seperti:

  1. Ayam batik itali : mempunyai corak bulu yang menyerupai motif kain batik itali. Biasanya bulu berwarna campuran putih serta hitam.
  2. Ayam batik kanada : mempunyai warna bulu hitam keemasan. Dan corak yang menyerupai motif ayam batik itali.

Sejarah Singkat Ayam Batik Hias

Ayam batik ( sebright ) mulai dikembangkan oleh Sir John Saunders Sebright pada abad ke 19 melalui perkembangbiakkan selektif yang dirancang sedemikian rupa untuk mendapatkan ayam hias. Awalnya ayam batik ini mempunyai fansbase atau klub penggemar tersendiri yang bernama bantam breeds. Meskipun saat itu sedang popular, sering sekali terdapat kesulitan untuk memperkembangbiakkan. Warisan yang diberikan berupa warna tertentu yang mempunyai krakteristik unik, sehingga harus dipelajari lewat ilmu ilmiah.

Ayam batik pun saat ini udah terdapat di indonesia, mereka disebut juga dengan ayam hias yang sangat serupa dengan ayam kate hias, serta menghasilkan telur kecil yang berwarna putih, dan dikembangkan bukan bertujuan untuk ayam pedaging melainkan ayam hias atau untuk mengikuti pemeran ( kontes ).

Ciri – Ciri Ayam Batik Itali

Mengenal Lebih Dekat Ayam Batik Hias

  • Mempunyai corak bulu seperti corak batik
  • Mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar seperti ayam kate
  • Mempunyai bobot kurang lebih 600 gr untuk jantannya dan rata – rata 500 gr untuk betinanya.
  • Mempunyai kelincahan dan gesit.

Ciri – Ciri Ayam Batik Kanada

Mengenal Lebih Dekat Ayam Batik Hias

  • Mempunyai corak batik yang menyerupai corak ayam batik itali
  • Ukuran yang persis seperti ayam batik itali
  • Mempunyai berat badan 550 – 600 gr untuk pejantannya, dan untuk betinanya, sekitar 450 – 500 gr.
  • Mampu menghasilkan telur 8 – 14 butir telur perminggunya.

Langkah Awal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Dan Memelihara Ayam Batik

Mempersiapkan Kandang

Mengenal Lebih Dekat Ayam Batik Hias

Sebelum Anda membuat kandang semestinya lihat banyak hal seperti berikut, pilih tempat kandang yang kering serta tidak lembab, kandang tidak gampang digenangi air, kandang tidak menyatu dengan rumah ( seputar 10 meter dari rumah ), kandang diupayakan dalam kondisi bersih, serta mesti memiliki ventilasi untuk memperoleh cahaya matahari yang cukuplah.

Bila Anda ingin membuat kandang ayam sebaiknya memakai skema semi intens, yakni kandang dibikin besar hingga ayam dapat bebas berkeliaran serta untuk hindari kelumpuhan ayam. Kandang yang baik semestinya berisi ayam batik dengan perbandingan 1:10 yakni 1 ayam batik jantan dengan 10 ayam betina. Anda dapat memakai perbandingan 1:5 atau 1:6 bila anda ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Pemeliharaan Anakkan Ayam Dan Kebersihan Kandang Ayam Batik

Mengenal Lebih Dekat Ayam Batik Hias

Telur akan menetas bila sudah menginjak 21 hari. Sesudah itu anak ayam yang barusan menetas dimasukkan ke box pemanas yang sudah diberikan cahaya lampu 40 watt. Sesudah ayam berusia 2 minggu cahaya lampu dapat Anda turunkan jadi 20 watt. Pakan yang dapat Anda beri ialah voer atau BR1 yang dapat dikasihkan sekitar 3 kali dalam satu hari. Juga dapat Anda selingi dengan memberi potongan sayur seperti daun kangkung, daun kol dan buah buahan yang bisa dipakai untuk memerhatikan kesehatan ayam.

baca juga : Langkah Merawat Ayam Bangkok Yang Baru Menetas

Dalam membersihkan kandang ayam serta tempat pakan serta minum semestinya diganti setiap harinya. Perihal ini bermanfaat untuk memerhatikan kesehatan ayam serta memerhatikan keindahan dan kecerahan bulu ayam. Sebab yang menarik dari jenis ayam hias batik ini ialah keindahan bulunya.

Melakukan Perkawinan

Mengenal Lebih Dekat Ayam Batik Hias

Bila Anda ingin memilih ayam untuk dijadikan indukan, Anda dapat memilih Ayam Batik yang memiliki corak batik yang cerah serta indah, motif garis yang relatif sama ukurannya, postur badan yang baik, serta badan ayam tidaklah terlalu tegak. Untuk ayam batik jantan semestinya jangan memilih ayam yang memiliki bulu leher seperti ayam jago, ekor melengkung ke atas seperti ayam kipas. Ayam jantan mempunyai jengger yang menjadi pembeda pada ayam jantan serta betina.

Anda dapat mengerami telur dengan menggunakan mesin penetas telur dan untuk membesarkan anakannya dengan menggunakan box pemanas otomatis. Sehingga ayam betina siap lagi untuk dikawinkan setelah 2 minggu setelah ayam usai melewati proses bertelurnya.

Pengendalian Penyakit

Mengenal Lebih Dekat Ayam Batik Hias

Biasanya ayam mendapatkan penyakit dari virus maupun bakteri dikarenakan faktor kandang yang kotor. Kotoran serta sisa – sisa makanan sisa ayam yang berjatuhan sehingga menjadi tempat yang disukai oleh virus dan bakteri. Hal yang bisa anda lakukan dalam mencegah hal tersebut adalah dengan rutin membersihkan kandang dan teratur melakukan vaksin kepada anakkan ayam sejak ayam berumur kurang lebih 4 hari. Memasuki umur 2 bulanan, tubuh ayam ayam tentu lebih kuat dan juga sudah bisa dilepas. Saran kami adalah vaksin diberikan sejak dini agar ayam terhindar dari penyakit yang amat mematikan yaitu penyakit tetelo.

Apa Saja Pakan Ayam Batik Hias ?

Ayam batik hias ialah salah satunya jenis ayam yang gampang dalam pakannya. Pakan ayam batik sama dengan tipe ayam kampung yang lain. Anda bisa memakai BR atau Voer . Pakan itu bisa Anda temukan di toko pakan paling dekat serta harganya juga tidaklah terlalu mahal.

Harga Ayam Hias Batik Itali Dan Kanada

Mengenal Lebih Dekat Ayam Batik Hias

  • Harga ayam usia 1-3 bulan berkisar antara 100.000 hingga 150.000 rupiah/ ekor.
  • Harga ayam usia 3-5 bulan berkisar antara 200.000 hingga 300.000 rupiah/ ekor.
  • Kemudian untuk harga ayam batik dewasa bisa mencapai kisaran harga di atas 300.000 rupiah.

Nah itulah beberapa pembahasan yang mungkin anda perlukan dalam dunia ayam hias. Terima kasih semoga dapat memberikan info yang berguna…

About Sabung Ayam Bangkok 249 Articles
saya sebagai salah satu pecinta seni sabung ayam, akan sangat senang bisa saling berbagi tentang ayam aduan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*