Inilah Penyebab Kanibalisme Pada Ayam Aduan Serta Tips Antisipasinya

Inilah Penyebab Kanibalisme Pada Ayam Aduan Serta Tips Antisipasinya

Inilah Penyebab Kanibalisme Pada Ayam Aduan Serta Tips Antisipasinya – Dalam memelihara ayam aduan yang lebih dari satu kita pasti dibuat pusing sebab terdapatnya tingkah laku ayam yang usil. Yakni ayam senang berkelahi atau sama-sama mematuk yang lebih diketahui dengan nama “ KANIBAL ”.

Karakter kanibal yang berlangsung pada ayam aduan bila tidak selekasnya diatasi atau kita hindari pasti akan menyebabkan kerugian, sebab ayam banyak yang cidera atau bahkan juga mati.

Jadi anda yang sebagai pemilik ayam, harus secepatnya mengatasi serta menimalisir adanya sifat kanibal tersebut pada ayam aduan anda. Namun sebelum anda mengambil langkah, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab ayam menjadi kanibal.

Kenapa begitu ? karena akan memudahkan anda untuk melakukan antisipasi serta mengatasi hal tersebut.

Faktor Penyebab Ayam Menjadi Kanibal

Terdapat banyak pemicu yang bisa menyebabkan ayam jadi kanibal, serta biasanya ialah sebab karakter alami dan kekeliruan manajemen pemeliharaan, seperti di bawah ini:

  • Karakter alami ( Aspek genetik )
    Karakter kanibal bisa jadi berlangsung hampir pada semua jenis ayam, baik itu ayam kampung, ayam aduan ras, atau ayam petelur/boiler. Yang disebut karakter alami, atau faktor genetik alami dari ayam tersebut, seperti senang mematuk serta berkelahi.
  • Ayam stress
    Penyebab lainnya yang jadikan ayam kanibal ialah ayam mengalami stress, ayam yang stress bisa jadi menyerang serta mematuk kawannya sendiri.
    Selain itu untuk pemicu ayam stress tersebut sangat banyak salah satunya ialah: pergantian cuaca yang ekstrim, suhu kandang yang panas, pergantian ransum dengan tiba-tiba, serta lainnya.
  • Kandungan nutrisi pakan tidak terpenuhi
    Ayam yang kekurangan batu-batuan ( grit ), kekurangan mineral ( NaCI serta Kalsium ) dan kandungan nutrisi yang lain dapat juga menyebabkan munculnya karakter kanibalisme.
    Contohnya: pada ayam petelur, kadang ayam senang mematuk telurnya sendiri untuk untuk meningkatkan kekurangan kalsium, atau pada ayam boiler yang menyukai mematuk bulu, pial, atau jari-jari kaki ayam yang lain.
  • Penyakit parasit
    Penyakit parasit yang bisa menyebabkan terjadinya kanibalisme ialah penyakit parasit luar yakni: kutu, caplak, tungau, serta pinjal. Sebab ayam akan mematuki tubuh sendiri dimana dia merasa gatal, bahkan juga dapat sampai luka serta berdarah.
  • Penerangan yang berlebihan pada kandang
    Pemberian lampu penerangan pada kandang yang begitu berlebih dapat juga mengakibatkan ayam kanibal, ditambah lagi pada waktu malam hari. Yang semestinya saatnya ayam beristirahat, tapi sebab keadaan kandang yang tentu, sampai membuat ayam masih aktif serta bisa saja menyerang ayam yang lain.
  • Warna ayam yang mencolok
    Warna pada bulu ayam yang terlalu mencolok dapat merangsang ayam untuk menyerang tubuh ayam tersebut. serta warna yang paling disukai oleh ayam adalah warna merah terang atau kuning. Biasanya terdapat pada bagian tubuh di jengger, jari, serta anggota tubuh lainnya.

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya sifat kanibal pada ayam aduan. Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab ayam menjadi kanibalisme satu sama lain dalam kandang. Selanjutnya admin akan menjelaskan tips bagaimana mencegah agar ayam aduan peliharaan tidak menjadi kanibalisme.

Tips Mencegah Ayam Menjadi Kanibalisme

Tips atau cara yang akan admin bahas dibawah ini, bisa anda coba lakukan untuk anda yang ingin melakukan pencegahan sifat kanibalisme pada ayam aduan anda. berikut uraiannya :

  • Memperhatikan kepadatan kandang ayam
    Biasanya penggemar ayam aduan akan memberikan kandang umbaran pribadi kepada ayam bangkoknya. Karena bila ayam masuk dalam suatu kandang yang ramai, tentu akan menaikan suhu pada kandang. Sehingga pada akhirnya ayam akan saling bertarung untuk memperebutkan tempat yang nyaman. Untuk anda yang sebagai peternak, maka cobalah untuk mengurangi kepadatan dalam kandang ayam untuk mencegah ayam ternak timbul sifat kanibalnya.
  • Jauhkan kandang dari lokasi yang bising
    Kegaduhan di sekitar kandang dan suara bising yang terus-terusan dapat juga menyebabkan ayam stress serta timbul sifat kanibal. Jadi peletakan tempat kandang harus juga anda lihat serta semestinya bikinlah kandang jauh dari sumber kebisingan.
  • Kebersihan kandang ayam
    Agar kandang lebih steril dan terbebas dari berbagai virus serta bakteri yang dapat membuat kerugian dalam kesehatan ayam aduan. Maka dari itu, anda harus melakukan sanitasi kandang dengna membersihkan area sekitar kandang serta tempat minum dan pakannya.
  • Selalu memberikan perhatian khusus
    Sifat kanibal pada ayam aduan biasanya terjadi pada saat ayam di usia 25-50 hari. Dimana anakkan ayam aduan suka berkelahi dan kejar – kejaran, serta saling mematuk. Jadi pada usia tersebut sangatlah rentan bagi ayam menjadi kanibal. Maka dari itu, segera pisahkan kedua ayam pada kandang yang berbeda.

Cara Menangani Ayam Aduan Kanibal Serta Korban Kanibal

  1. Selekasnya pisahkan ayam yang terluka supaya tidak berubah kronis atau bahkan juga mati sebab jadi bulan-bulanan ayam lainnya.
  2. Pisahkan juga ayam yang sangat agresif supaya tidak ada korban kanibal kembali yang lain.
  3. Selekasnya obati ayam yang terluka serta janganlah lupa beri vitamin supaya ayam tidak stress.
  4. Pisahkan ayam di tempat lain sampai lukanya betul-betul kering dan sembuh total.
  5. Tetap awasi keadaan ayam dalam kandang supaya bila berlangsung kanibalisme bisa selekasnya anda tangani.

Nah itulah tips dari sabung ayam Bangkok dalam menangani ayam aduan kanibal. Terima kasih.. Semoga membantu..

About Sabung Ayam Bangkok 195 Articles
saya sebagai salah satu pecinta seni sabung ayam, akan sangat senang bisa saling berbagi tentang ayam aduan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*