Faedah Buah Pinang Untuk Sabung Ayam Bangkok Cacingan

Faedah Buah Pinang Untuk Sabung Ayam Bangkok Cacingan

Penyakit cacingan memang sangat menggangu sekali untuk kesehatan sabung ayam Bangkok kesayangan kita. Biasanya ayam yang terserang penyakit cacingan akan menjadi kurus dan tidak bertenaga serta selalu lemas. Khususnya untuk ayam yang masih muda, pertumbuhan ayam Bangkok tersebut akan menjadi terhambat dan pada sebuah kasus parah ayam menjadi “kecentet” yang berarti tidak bisa tumbuh secara normal.

Ciri – Ciri Ayam Terserang Cacingan

Terdapat ciri – ciri yang terdapat pada ayam terserang penyakit cacingan seperti tubuh ayam tampak pucat, lemas dan sayapnya turun seperti sedang memakai jubah. Dan menimbulkan gejala yang akan jelas terlihat dalam dua minggu sejak terjadinya infeksi dan banyak disebabkan oleh larva cacing yang masuk dan menembus hingga merusak mukosa usus ayam aduan. Infeksi ini mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh pada ayam aduan sehingga ayam akan mudah terserang penyakit dan hingga menyebabkan kematian pada ayam aduan Bangkok tersebut.

Penyebab Serta Pengobatan Cacingan Pada Ayam Aduan Bangkok

Penyakit cacingan biasanya mudah menyerang ayam yang sering diumbar atau bebas berkeliaran. Ayam yang berkeliaran akan terinfeksi cacing dengan menelan telurnya yang terdapat disekitaran penangkaran saat ayam sedang mencari makan dengan mematuk tanah. Telur cacing bakal menetas dalam tubuh ayam dan tumbuh dalam usus ayam.

Ayam Bangkok yang mempunyai kekebalan tubuh lebih sedikit dari ayam kampong ( ayam jawa ) jadi ayam yang sering diumbar akan mempunyai persentase terjangkit cacing lebih besar daripada ayam kampung. Penyakit cacingan merupakan salah satu penyakit pada ayam Bangkok yang disebabkan oleh parasite sejenis cacing gelang ( ascaradia galli ) yang menyebabkan askariasis, sedangkan pada ternak ruminansia seperti cacing hati ( fasciola hepatica ).

Untuk mengatasi penyakit cacingan pada sabung ayam Bangkok, anda bisa menggunakan buah yang sudah sering kita dengar dan terdapat pula pribahasa untuk buah ini seperti “ bagai pinang dibelah dua “ 😀 Yap, buah pinang namanya, atau lebih dikenal sebagai buah jambe. Umumnya penggunaan buah jambe langsung diberikan secara utuh. Namun hal tersebut juga sangat bersiko karena ayam dapat tersendak dan tidak bisa bernafas hingga menyebabkan kematian.

Langkah – Langkah Mengobati Penyakit Cacingan Pada Sabung Ayam Bangkok

Bila anda mencari cara untuk mengatasi penyakit cacingan yang sedang terserang penyakit tersebut. Maka anda bisa mengikuti cara berikut ini untuk menyembuhkan penyakit cacingan pada ayam kesayangan anda, berikut ulasannya:

  • Sediakan biji pinang yang telah kering. 1 Biji itu bisa menyembuhkan 2 ekor ayam.
  • Biji buah pinang lalu dihaluskan lewat cara diparut atau juga bisa diuleg sampai hancur.
  • Lantas campur dikit air untuk langsung diminumkan pada ayam.

Penyembuhan Penyakit Cacingan Pada Ayam Bangkok

Reaksi kandungan dari biji buah pinang ini tidak lama. Cuma perlu waktu kurang dari 1 jam, Cacing akan keluar dengan sendirinya bersama dengan fases (kotoran) ayam. Upayakan ayam yang diobati dimasukan ke kandang dengan alas yang renggang supaya waktu cacing keluar tidak dikonsumsi kembali oleh ayam itu. Karna penyembuhan ini dikerjakan dengan tradisonal karena itu resikonya yang berlangsung hampir tidak ada atau mungkin dengan kata lainnya aman.

Artikel terkait : Langkah Terbaik Dalam Merawat Ayam Aduan Bangkok

Sampai disini apakah anda sudah mengetahui langkah mengatasi ayam yang terserang penyakit cacingan? Bila masih belum, anda bisa memberikan komentar pada artikel kami. Bila sudah maka kami akan menutup artikel ini, semoga bermanfaat para sabungers.

About Sabung Ayam Bangkok 198 Articles
saya sebagai salah satu pecinta seni sabung ayam, akan sangat senang bisa saling berbagi tentang ayam aduan.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Point Penting Memilih Ayam Aduan Bangkok Berdasarkan Gaya Bertarung
  2. Berbagai Langkah Ampuh Menambah Nafsu Makan Ayam Aduan
  3. 9 Jenis Buah Yang Bagus Untuk Ayam Aduan - Sabung Ayam Bangkok

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*