Berbagai Penyakit Berbahaya Ayam Aduan Dan Cara Menangani

Berbagai Penyakit Berbahaya Ayam Aduan Dan Cara Menangani

Dalam berternak maupun merawat ayam aduan, pastinya sebagai perawat maupun peternak selalu diiringi dengan berbagai resiko seperti teror dari berbagai penyakit yang bisa merugikan kita. Seperti hewan lainnya, ayam juga bisa terserang berbagai penyakit yang dapat mengakibatkan kematian.

Untuk para penggemar ayam, tentu sebuah penyakit sudah menjadi hal yang menjengkelkan dalam dunia sabung ayam. Masalah seperti ini sudah menjadi resiko dan sebuah tantangan tersendiri untuk para penggemar ayam dan peternak ayam.

Mungkin untuk anda yang sebagai salah satu orang yang sudah professional dalam pelihara atau peternak ayam wabah penyakit menjadi hal yang sudah biasa. Lantas bagaimana dengan peternak maupun penghobi ayam yang masih awam? Tentunya pengalaman dan pemahaman mereka masih kurang. Maka dari itu, pada kesempatan yang sangat spesial ini, kami akan melakukan pembahasan tentang beberapa penyakit serta cara menanganinya. Kami harap anda mendapatkan sebuah ilmu dalam artikel kami..

Penyakit Akibat Perubahan Musim

Seperti yang kita kenali jika di Indonesia mempunyai dua musim, yakni musim hujan serta musim panas. Diantara ke-2 musim itu ada waktu di antara step perubahan musim, atau biasa diketahui dengan arti musim pancaroba.

Pergantian musim telah jadi ancaman beberapa peternak sejak dahulu. Pada saat ini ayam semakin lebih riskan terkena penyakit. Walau tidak ada penyakit spesial “ penyakit musiman ”, tetapi musim pancaroba bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit tertentu. Oleh karena itu sangatlah penting buat beberapa peternak untuk lakukan pencegah serta antisipasi waktu musim pancaroba.

Tips Menghadapi Musim Pancaroba

  1. Pastikan keadaan lingkungan kandang yang bersih dan nyaman.
  2. Kemudian pastikanlah sebelum memasuki musim pancaroba ayam dalam keadaan sehat dan sudah diberikan vaksin.
  3. Menghindari hal yang dapat memicu pertumbuhan virus serta penyakit, usahakanlah keadaan kandang tetap bersih.
  4. Penyakit ngorok.

Penyakit ngorok atau snot memang terlihat sepele. Tapi bila penyakit ini dibiarkan akan menjadi kronis dan mengakibatkan kematian pada seekor ayam. Penyakit ngorok biasanya disebabkan suhu serta kelembaban, terinfeksi penyakit di pola perawatan beberapa peternak ayam bangkok tersebut. Penyembuhan ayam ngorok ini dapat dengan cara alami ( tradisionil ) atau juga bisa memakai obat-obatan memiliki bahan kimia. Untuk mendapatkan pengobatannya silahkan baca artikel obat manjur mengatasi ayam aduan ngorok.

Penyakit Snot

Penyakit Snot merupakan salah satu penyakit ayam yang dapat menimbulkan kerugian serta kematian. Penyakit ini bisa di tangani dengan pengobatan tradisional maupun kimia, bila dibiarkan maka kematian akan mendatangi ayam aduan kesayangan anda.

Penyakit snot biasanya disebabkan bakteri haemophilius gallinarum yang merupakan bakteri penggangu pernafasan. Snot masuk dalam kategori penyakit menular, jadi akan sangat berbahaya bila tidak segera diatasi.

Obat Snot

  • Sulfamerasin,
  • Kitolod Snot platinum,
  • Stop Snot Plus,
  • Theraxin Etreme,
  • Anti Snot,
  • Serta anda juga bisa memakai ramuan herbal racikan sendiri seperti kunyit, jahe serta kencur.

Berak Darah

Sama dengan namanya, berak darah ialah penyakit yang menyerang ayam hingga ayam yang terinfeksi akan keluarkan kotoran darah. Kemungkinan penyakit ini disebabkan permasalahan pencernaan ayam terutama di bagian usus.

Penyakit ini cukup sulit untuk diatasi, kerusakan usus pada ayam karena infeksi bibit penyakit serta bakteri membuat langkah perlakuan penyakit ini jadi susah. Gejala yang sangat mencolok bila ayam terserang penyakit berak darah adalah terlihat pada kotoran ayam yang bercampur darah.

Berak Kapur

Penyakit ini merupakan sebuah penyakit yang amat berbahaya yang disebabkan oleh bakteri salmonella pullorum dan juga bakteri batang gram negatif. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang bisa menular kepada ayam lainnya. Angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini hingga 90%.

Pengobatan berak kapur ini bisa diberikan antibiotik seperti furozolidon, coccilin, tetra dan juga neo terramycin. Tapi obat tersebut hanya dapat mencegah kematian pada ayam aduan anda, tidak bisa mengatasi infeksi penyakit itu. Diluar itu juga dapat diberikan antibiotik kelompok sulfa. Dari pendapat kami, karena penyakit berak kapur berbentuk nular jadi semestinya unggas yang terkontaminasi serta terinfeksi pullorum mesti segera di musnahkan untuk hindari menularnya ke ayam yang paling disayangi yang lain. Untuk lebih lengkap mari membaca artikel ini Apa Itu Penyakit Pullorum Pada Ayam Aduan.

Itulah beberapa penyakit berbahaya untuk ayam aduan anda, namun bila anda memberikan sebuah rawatan dan rutinitas dalam memberikan asupan bergizi pada ayam aduan kesayangan anda. Terima kasih semoga membantu anda..

About Sabung Ayam Bangkok 198 Articles
saya sebagai salah satu pecinta seni sabung ayam, akan sangat senang bisa saling berbagi tentang ayam aduan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*